Sabtu, 18 Mei 2019

Pelatihan Informasi Teknologi/ PIT 6

      Diklat PIT 6 tanggal 18 Mei 2019 di SMK PGRI Lumajang yang diselenggarakan oleh Tim P2G berlangsung lancar dan menyenangkan. Meski dalam bulan Ramadan tetapi para peserta antusias mengikuti sampai kegiatan berakhir. Acara ini di buka oleh bapak kepala dinas kabupaten Lumajang bapak H.Winadi, M.Pd. Beliau menjelaskan tentang perlunya melek teknologi bagi para guru untuk meningatkan keprofesionalan guru agar kegiatan mengajar lebih inovatif dan peserta didik akan lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan ketukan palu 3 kali Diklat Pit resmi di buka dan para peserta pun bertepuk tangan pertanda kegiatan PIT akan dimulai.
     Selanjutnya Ibu Mamik Setiawati sebagai ketua TP2G melaporkan bahwa pelatihan IT ini sudah dilaksanakan 6 gelombang dan beliau juga membacakan jadwal kegiatan untuk hari ini bahwa kegiatan berlangsung dari Pukul 08.00 - 14.30 tentang pembelajaran berbasis web. Dengan tujuan antara lain :
1. Berbagi ilmu di bulan penuh berkah ini
2. Membekali guru dengan cara      pembelajaran  berbasis web
3. Memberikan Sertifikat 32jam dg kriteria in on in
4. Pemateri/ pembicara antara lain Umar Tholib, Subakri,  Bu Roro, P. Galih, P. Imron , P.Enjang, P. sohib dan P. Harianto yang kesemuanya sdh mempunyai jam terbang tingkat nasional n sudah berhasil meraih bermacam penghargaan tingkat nasional.
     Setelah sambutan dari BPK H. Winardi m.pd dan ibu Mamik setyawati. Seluruh peserta digiring untung menuju laboratorium komputer di salah satu ruang di SMK PGRI lumajang. Masing- masing menghadapi satu komputer yang tentunya akan digunakan untuk materi berikutnya yang akan di sampaikan oleh bpk. Subakri . Beliau memberikan materi tentang  Pembelajaran e tematik. Beliau mengungkapkan memahami materi pembelajaran  e tematik adalah mengungkapkan kembali pembelajaran secara online, memproduksi blog dan berbagi blog/ blog walking. Langkah-lamgkah pembelajaran e tematik yaitu :
1. Membaca penjelasan guru
2. Produksi/diskusi kelompok
3. Berbagi upload
4. Uji ulang/ blog walking
Kegiatan ini berlangsung seru dan menyenangkan. Diantara kebingungan dan ingin tahu kami para peserta berusaha ingin tahu dan menerapkan cara pembuatan blog pembelajaran. Terjadi diskusi dan tanya jawab sehingga meski sesi telah habis para peserta masih antusias untuk bertanya.
     Di jam 12.00 kami istirahat untuk shalat selanjutnya materi disampaikan oleh bpk. Enjang dg materi membuat web berbayar yaitu merubah blog spot menjadi .com berbayar agar terlihat lebih profesional dan lebih keren bagi blogger. Kelebihan dari web .com harga relatif murah dari wordpress. Cara membuat WordPress ke .com yaitu dengan cara :
1. Membeli domain
2. Membeli hosting
Dengan membeli seharga 99 ribu rupiah blogspot yang sepenuhnya web gratis akan merubah menjadi web .com. Langkah - langkah dalam membuat web .com yaitu :
1. Ketik domainesia.com di google chrom
2. Masuk ke Pendaftaran
3. Klik pemesanan
4. Kemudian Order now
5. Terpampang harga masing- masing web.      Klik yang kita kehendaki. (.com 99.00,            .net 109.000, .online 14.000)
6. Mencari nama yang tersedia
7. Mskn ke troli
8. Bayar
Setelah kita bayar lewat tempat pembayaran yang ditentukan kita menunggu kurang lebih satu hari untuk konfirmasi. Pada tahap ini kita semua sudah belajar membuat blog yang kita buat menjadi blog berbayar .com. Untuk mengklik pembayaran kita semua masih ragu terutama saya karena kita masih belum bisa untuk mengisi blog yang kita buat juga.... Diperlukan belajar dan belajar untuk bisa menjadi mahir dalam mengolah blog yang tentunya tidak bisa terjadi dalam satu hari. Di butuhkan kerutinan kesabaran dan tentukan Istiqomah dalam mengisi blog agar blog kita menjadi banyak dikunjungi. Untuk selanjutnya pit6 sesi in ke 2 tentunya kami akan lebih antusias dan akan betul2 memperhatikan agar ilmu yang kami dapatkan selama pelatihan dapat terserap dengan baik dan tentunya dapat di terapkan serta diamalkan untuk teman-teman guru di sekolah dan juga untuk siswa-siswa kita.

2 komentar:

  1. Wah... Terima kasih informasinya bu sundari... Sangat bermanfaat. Semoga pelatihan berikutnya ak bs ikut. Tetap semangat

    BalasHapus
  2. Masih pemula yang coba-coba jadi blogger Bu Amalia Permatasari hihihi.... Maturnuwun sudah berkunjung

    BalasHapus